Senin, 11 Oktober 2010

Pemilihan Lokasi Usaha

Pemilihan Lokasi Usaha


Bingung memilih lokasi usaha ?
Scara umum ada beberapa pendekatan untuk menentukan lokasi tempat usaha. Pertama yaitu mendekati faktor produksi. Faktor produksi disini bisa berupa tenaga kerja, bahan baku atau bahkan faktor alam. Sebagai contoh :
1. Usaha pembuatan kerajinan eceng gondok –> dekat dengan sungai dan merekrut tenaga kerja sekitar
2. Usaha olahan yoghurt/susu –> dekat dengan peternakan sapi/kambing
3. Usaha penyewaaan Banana Boat -> di pantai atau danau (ya iyalaaah..)…dsb
Kedua yaitu mendekati pasar atau konsumen. Untuk pendekatan kedua ini kita harus mencermati dengan tepat siapa sebenarnya target pasar yang hendak dituju. Apakah masyarakat ekonomi menengah atau atas, pekerja atau mahasiswa, ibu-ibu atau remaja putri, dsb. Contohnya sbb :
1.Laundry –> cocok berlokasi di perumahan dengan skala ekonomi menengah dan menengah ke atas atau daerah kos-kosan.
2. Rental Game dan Internet –> bagus di daerah perguruan tinggi (mahasiswa) atau dekat sekolah SMP/SMU
3. Rental arena Futsal –> bagus di dekat perkantoran dan sekolah SMU. Sedang trend di kalangan eksekutif muda untuk main futsal sambil nunggu jam macet pulang :p
4. Warung Makan di kampus atau perkantoran –> terlihat simpel, namun usaha ini sangat menguntungkan karena captive marketnya jelas dan tidak akan pernah sepi pengunjung !.
Selain kedua pendekatan diatas, ada baiknya kita mempertimbangkan hal berikut saat menentukan lokasi usaha, yaitu :
1. Lokasi Usaha sama dengan INVESTASI
Ya ! saya sering menjumpai Apotik-apotik yang sedang berkembang dan mulai dikenal orang namun dua atau tiga tahun kemudian ternyata Apotik tersebut pindah tempat dan alasannya sangat klise karena kontraknya habis !!. Alangkah sayangnya apabila konsumen yang sudah terbiasa dengan apotik tersebut menjadi pindah hanya karena tidak cocok dengan lokasi yang baru.
Usahakan hitung ulang modal anda untuk mulai membeli lokasi usaha baik dengan sistem kredit atau cash. Hal ini memang akan membebani cash flow pada tahun-tahun pertama namun yakinlah harga lokasi usaha/properti tidak akan pernah turun dan apabila suatu ketika anda harus menutup usaha malokasi usaha anda bisa menjadi asset yang berharga tinggi untuk dijual.
2. Sehubungan dengan Investasi di atas, maka pilihlah tempat usaha se-STRATEGIS mungkin !.
Mungkin pernah dengar tentang McDonalds? konon “harta karun” mereka sebenarnya bukan dari penjualan burgernya namun dari Investasi lokasi tokonya ditempat-tempat yang strategis di seluruh penjuru dunia !.
Apabila kita memliki tempat usaha yang strategis, maka kemungkinan usaha kita untuk lebih cepat dikenal orang dan lebih cepat maju menjadi 70% lebih besar dibanding lokasi yang biasa saja.
Lebih cepat maju berarti lebih sehat cash flow dan lebih besar keuntungan yang kita dapat. Selain itu bila tempat kita strategis, niscaya hanya dalam 5 tahun, lokasi usaha kita bisa bernilai lebih dari 3x lipat dari saat kita membelinya.
So, tunggu apalagi…realisasikan usaha anda segera !

http://modalnekat.wordpress.com/2009/01/20/pemilihan-lokasi-usaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar